Upgrade Your Knowledge !

Not All the Articles are Mine :)

Jangan Salah Pilih Teman

Penyebutan dan Penjelasan Anjing
Dalam Al-Quran

Anjing adalah salah satu hewan yang disebut Al-Quranul Karim di antara banyaknya hewan di muka bumi ini. Sebenarnya banyak sekali hewan yang disebutkan Al-Quran, seperti katak, serigala, babi, kambing, ikan, burung, lebah, lalat, semut, laba-laba, gajah, dan lain sebagainya. Akan tetapi semua penyebutan itu pasti memiliki hikmah ataupun maksud tertentu. Jadi jangan sementang-mentang Al-Quran menyebut tentang anjing lantas kitapun berfikir negatif, maka dari itu mari simak tulisan ini seluruhnya agar kita mendapatkan pelajaran dan manfaat darinya –insya Allah-.

Ayat Pertama

Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir. (Q.S. Al-A’raaf : 176)

Pada ayat di atas dijelaskan tentang perumpamaan orang yang sangat mencintai kehidupan dunia dan lebih menurutkan hawa nafsunya yang rendah. Perumpamaannya adalah seperti anjing yang mana jika kita menghalaunya, anjing tersebut pun mengulurkan lidahnya dan jika kita membiarkannya anjing tersebut juga mengulurkan lidahnya. Sangat rendah sekali orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah sampai-sampai Allah Subhanahu Wa Ta’ala membuat perumpamaan itu bagi mereka. Maka dari itu kita harus senantiasa mengingatkan saudara-saudara kita di luar sana tentang ayat-ayat Allah yakni Al-Quran.

Ayat Kedua

Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan? (Q.S. Al-Kahf : 9)

Ayat di atas berkisah tentang para penghuni gua yang kisahnya disebutkan pada Surah Al-Kahf, disebutkan bahwa mereka memiliki raqim. Ahli tafsir memiliki perbedaan pendapat tentang apa yang dimaksud “raqim” ini, ada yang mengatakan anjing pemuda Ashabul Kahfi atau batu bersurat.

Ayat Ketiga

Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka. (Q.S. Al-Kahf : 18)

Ayat ini juga menceritakan tentang pemuda Ashabul Kahfi. Pada ayat di atas dijelaskan bahwasannya Allah memang sengaja menidurkan mereka, mereka tidaklah bangun selama 309 tahun. Pada saat mereka tertidur, anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di depan pintu gua.

Ayat Keempat

Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: “(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya”, sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: “(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya.” Katakanlah: “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit.” Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka. (Q.S. Al-Kahf : 22)

Lagi-lagi ayat di atas membicarakan tentang Ashabul Kahfi. Akan tetapi ini berbicara tentang pendapat orang mengenai berapa pemuda yang berada di gua tersebut, ada yang mengatakan 3 orang dan 1 anjingnya, ada yang mengatakan 5 orang bersama 1 anjingnya dan ada yang mengatakan 7 orang bersama 1 anjingnya. Mengenai jumlah ini sudah seharusnya kita menyerahkan keputusannya kepada Allah Tabaraka Wa Ta’ala Yang Maha Mengetahui. Tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah para pemuda Ashabul Kahfi kecuali hanya sedikit. Jadi kita tidak perlu terlalu memperdebatkan tentang berapa pemuda yang tidur di gua tersebut, akan tetapi kisahnya sangat menarik untuk kita simak dan baca bersama di Al-Quran pada Surah Al-Kahf.

Itulah penyebutan dan penjelasan anjing di dalam Al-Quran, hampir seluruh ayatnya mengenai anjing pemuda Ashabul Kahf. Setelah kita membaca penjelasan di atas maka kita bisa mengetahui bahwasannya anjing yang bersama para pemuda penghuni gua amatlah setia sampai menemani mereka saat tertidur pulas. Akan tetapi Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melarang kita memelihara anjing kecuali untuk beberapa hal seperti memelihara anjing untuk menjaga kebun, itu diperbolehkan. Akan tetapi kalau memelihara anjing untuk mengembangbiakkannya atau merawatnya sampai-sampai seperti perawatan hewan peliharaan maka itu diharamkan berdasarkan dalil Al-Hadits.

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi (Gua)
Surah Makkiyyah; surah ke 18: 110 ayat

al-kahfi-ayat-181

“Dan kamu mengira mereka itu bangun padahal mereka tidur; dan Kami bolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan [diri] dan tentulah [hati] kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka. (QS. Al-Kahfi: 18)

Sebagian ulama menyebutkan bahwa ketika Allah menidurkan telinga mereka, maka mata mereka tidak tertutup dan tetap terbuka sehingga tidak mudah rusak, karena jika tetap terbuka bagi udara, maka akan lebih langgeng baginya. Oleh karena itu Allah berfirman: wa tahsabuHum aiqaadhaw wa Hum ruquuduw wa nuqallibuHum dzaatal yamiini wa dzaatasy syimaali (“Dan kamu mengira mereka itu bangun padahal mereka tidur, dan Kami bolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri.”)

Dan firman-Nya: wa kalbuHum baasithun dziraa’aiHi bil washiid (“Sedang anjing mereka mengunjurkan ke dua lengannya di muka pintu gua.”) Ibnu ‘Abbas, Mujahid, Sa’id bin Jubair, dan Qatadah mengemukakan: “Al-washiid berarti al-finaa’ (halaman).” Dan kata itu berarti anjing mereka berbaring dengan menyimpuhkan kaki ke muka pintu, sebagaimana yang sudah menjadi kebiasaan anjing.

Ibnu Juraij berkata: “Anjing itu menjaga mereka di pintu gua.” Hal itu merupakan kelebihan dan karakternya, di mana ia berbaring sambil menyimpuhkan kakinya di depan pintu, seolah-olah dia menjaga mereka. Duduknya anjing itu berada di luar pintu, karena Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat anjing. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits shahih. Malaikat juga tidak masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat gambar, orang junub dan atau orang kafir, sebagaimana yang ditegaskan dalam hadits hasan.

Anjing itu merasakan pula berkah mereka, di mana ia mengalami apa yang dialami oleh mereka, yaitu tidur dalam keadaan seperti itu. Demikian lah manfaat berteman dengan orang-orang baik, sehingga anjing ini pun disebut dan termasuk dalam berita.
Ada yang berpendapat, bahwa ia adalah anjing untuk berburu milik salah seorang di antara mereka dan itulah yang paling cocok. Wallahu a’lam.

Dan firman Allah Ta’ala: lawith thala’ta ‘alaiHim lawallaita minHum firaaraw wa lamuli’tum ru’ban (“Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan [diri] dan tentulah [hati] kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka.”) Maksudnya, Allah telah menyelimuti diri mereka dengan hal-hal yang menakutkan, di mana tidak ada pandangan seseorang yang melihat kepada mereka melainkan akan melarikan diri dari mereka, karena mereka telah diselimuti hal-hal yang menyeramkan dan menakutkan agar tidak ada seorang yang mendekati dan menyentuh mereka sampai pada batas waktu yang ditentukan dan selesainya tidur mereka yang telah dikehendaki Allah Ta’ala itu berakhir, yang di dalamnya terdapat hikmah, hujjah yang kuat dan rahmat yang sangat luas.

 

Source : Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 12, 2018 by in Self Motivation.

Gets Your Host !

Space available contact WA : 087750009909

Space available contact WA : 087750009909

Space available contact WA : 087750009909

%d bloggers like this: